Pengobatan Tradisonal untuk Mengatasi Sariawan

Mengatasi Sariawan Sariawan adalah hal yang umum diderita oleh setiap manusia dalam berbagai usia, mulai dari bayi,anak – anak, hingga orang dewasa. Luka yang terjasdi di rongga mulut ini tergolong ke dalam jenis luka ringan. Banyak orang yang menganggap remeh dengan penyakit yang satu ini dengan mendiamkannya hingga sembuh sendiri, walaupun sudah lebih dari dua minggu tak kunjung sembuh. Ada juga dari sebagian orang yang menggunakan obat – obatan tradisional agar bisa menyebuhkan sakit sariawan ini. ada macam resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan ini, salah satu nya adalah ada di bawah ini.

Pengobatan Mengatasi Sariawan

Obat tradisional untuk mengatasi sariawan

1. Larutan air garam
Cara yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang untuk mengurangi rasa nyeri saat sedang sariawan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya sangat mudah sekali, hanya tinggal mencampurkan 100ml air hangat dengan satu sendok makan garam aduk hingga garam larut. Lalu gunakanlah cairan ini untuk berkumur. Cairan garam ini dipercaya dapat mengankat luka dari sariawan.

2. Dengan bubuk kopi
Mengobati sariawan dengan menggunakan bubuk kopi juga menjadi salah satu cara yang sering dilakukan dan dijadikan referensi oleh sebagian orang. Hanya dengan membubuhkan bubuk kopi yang kering ke atas luka sariawan anda. Diamkan sesaat agar bubuk kopi bisa terserap. Kemudian kumur dengan air bersih.

3. Bawang dan pepaya
Ramuan yang satu ini adalah ramuan turun – temurun dari orang tua. Biasanya setiap kali kita sariawan, orang tua kita selalu menyarankan untuk memberikan irisan bawang dan juga papaya. Caranya cukup mudah, tinggal iris tipis bawang merah kemudian tempelkan pada luka sariawan anda. Sama halnya jika kita menggunakan pepaya. Diamkan sesaat irisan bawang menempel pada luka sariawan anda. Jika sudah kumur dengan air hangat, dan jangan lupa untuk melakukan hal ini 3 hingga 5 kali sehari.

4. Madu
Sebagai obat sariawan anda juga bisa menggunakan madu ataupun salep madu. Cukup dengan mengoleskan madu atau salep madu tadi ke atas luka sariawan secara langsung, dan ulangi langkah ini 2 hingga 3 kali sehari.

5. Daun sirih
Daun sirih ini sangat banyak manfaatnya, diantaranya juga dapat digunakan sebagai obat penyembuh sariawan. Hanya dengan mengunyah daun sirih ini sebanyak 1 – 2 lembar saja, sudah dapat menyembuhkan sariawan anda. Kunyahlah selama beberapa waktu, dan pastikan anda mencuci bersih daun sirih ini sebelum anda mengunyah nya. setelah itu berkumurlah dengan menggunakan air hangat, lakukanlah cara ini secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *